News & Events

Past Event 23 Feb 2018

Kolaborasi UnionSPACE dan Australia untuk Kembangkan Industri Tekfin

Jakarta, 23 Februari 2018 – Asosiasi FinTech Indonesia (AFTECH) diwakili Direktur Eksekutif Kebijakan Publik, M Ajisatria Suleiman, menghadiri acara penandatanganan perjanjian kerja sama antara dua penyedia jasa ruang kerja bersama (co-working space) asal Indonesia, UnionSPACE, dan, asal Australia, Stone & Chalk, untuk memfasilitasi perkembangan teknologi finansial (tekfin) di Indonesia dan Australia. Turut hadir dan menyaksikan acara penandatanganan kerja sama adalah Menteri Perdagangan dan Investasi New South Wales Australia, Niall Mark Blair, Kepala BPP HIPMI, Dr. Anggawira, ST, MM, dan Founding Partner of Kejora Ventures, Andy Zain.

Kerja sama antara dua penyedia co-working space besar ini ditujukan untuk memberikan wadah bagi para pelaku bisnis tekfin di Indonesia dan Australia untuk meningkatkan kualitas bisnis serta memperluas jejaring ke penjuru Asia Tenggara dan Australia. UnionSPACE dan Stone & Chalk sepakat berkolaborasi dalam pengembangan wadah bagi para pelaku startup tekfin di Indonesia dan Australia melalui keberadaan Fintech Space. Anggota kedua co-working space tersebut akan mendapatkan akses ke program mentoring yang kuat guna meningkatkan keterampilan yang dibutuhkan serta akses ke Venture Capitals dan investor untuk pendanaan.

Pada kesempatan ini, Aji menjelaskan bahwa industri tekfin masih menunjukkan pertumbuhan yang sangat baik di 2017 lalu. Pertumbuhan itu, kata dia, didorong oleh semangat kolaborasi baik antar sesama pelaku tekfin maupun dengan institusi lainnya. Ada beragam bentuk kolaborasi yang dilakukan dalam industri tekfin mulai dari co-lending, co-marketing dan co-sharing portfolio. Selain itu, pertumbuhan industri tekfin juga tidak luput dari dukungan regulasi yang memberikan kepastian industri, hingga tingkat literasi keuangan yang membaik, terutama bagi kelompok milenial.

Potensi ini pun diakui oleh negara lain, termasuk Australia. Hubungan kerjasama Australia dan Indonesia telah dimulai sejak akhir tahun 2017 melalui penandatangan kerjasama antara FinTech Australia dan AFTECH dan dilanjutkan dengan serangkaian kegiatan Indonesia – Australia Digital Forum pada awal tahun ini.

AFTECH berharap kerja sama ini antar kedua co-working space ini dapat memperkuat hubungan bisnis antar kedua negara. Fintech Space rencananya akan dibuka di Wisma Barito Pacific dan Wisma Satrio, Jakarta, pada Maret 2018.

Source: Asosiasi FinTech Indonesia

Next: Identitas Terpercaya Mendukung Inklusi Keuangan