ENG | ID

Ikuti Kami

berita

logo_ojk

Fintech Talk with Tokopedia: How Digital Footprints Can Affect Fintech Credit Assessment

15 January 2020

Jakarta, 15 Januari 2020 - AFTECH kembali menyelenggarakan kegiatan Fintech Talk, kegiatan talk show bulanan yang terbuka bagi publik, komunitas fintech, media, dan pemangku kepentingan lainnya. Fintech Talk edisi Februari ini turut didukung oleh Tokopedia dan mengambil topik mengenai How Digital Footprints can Affect Fintech Credit Assessment.

Penilaian kredit (credit scoring) berperan penting dalam proses pengambilan keputusan pinjaman yang dilakukan oleh lembaga keuangan berbasis pembiayaan maupun fintech lending. Jejak digital menjadi sumber data alternatif penting yang dapat mendukung credit scoring. Jejak digital dikategorikan sebagai data pribadi sehingga akses tanpa izin merupakan hal yang tidak etis dan apabila sudah ada pengaturan terkait data pribadi seharusnya hal tersebut merupakan tindakan illegal. Selama akses jejak digital diberikan secara sadar oleh individu dan digunakan sesuai dengan koridor etika yang berlaku, alternative credit scoring merupakan cara cepat guna mendorong masyarakat untuk mengakses jasa keuangan.

Kolaborasi antar pelaku fintech guna mendorong pemberian kredit (credit scoring) terlihat dari kerjasama yang telah terjalin antara Tokopedia dengan salah satu penyelenggara P2P Lending terdaftar yaitu Kredivo. Layanan pinjaman tersebut berlaku bagi pembeli dan mitra penjual. Nicole Oesman, Vice President of Credit Risk Tokopedia selaku narasumber dalam diskusi panel menyampaikan bahwa ada risiko gagal bayar yang seringkali muncul dalam e-commerce karena pembeli memiliki banyak akun. Dari skenario tersebut, pentingnya credit scoring dapat diimplementasikan.

Kemudian, Alie Tan, CEO Kredivo yang merupakan pembicara kedua juga menyampaikan bahwa tantangan terbesar dalam menerapkan penilaian kredit yakni ketersediaan data. Sebab, aturan soal perlindungan data pribadi masih digodok pemerintah. Ia sepakat bahwa para pemain di industri fintech perlu berkolaborasi dan membuat inovasi terkait penilaian kredit.

SHARE
Komentar
Mohon isi nama anda
Mohon isi email anda dengan benar
Mohon isi komentar anda

Laporkan
Kepada Kami

021 - 29601419

Senin - Jumat, pukul 08.00 - 17.00 WIB

X
Mohon isi nama anda
Mohon isi email anda dengan benar
Mohon isi platform aplikasi anda
Mohon ceritakan masalah anda
Mohon pilih file anda

Welcome Fintech
Members!

X

Sign in here to access your profile and search for other members

Mohon isi email anda
Mohon isi password anda

Remember Me