PT Trusting Social Indonesia (“TSI”) adalah bagian dari Trusting Social Group yang berkantor pusat di Singapura dan memiliki pusat pengembangan di Ho Chi Minh, Vietnam. Selain di Indonesia, Trusting Social Group juga beroperasi di beberapa negara lain seperti Vietnam, India, dan Filipina.
TSI didirikan pada tahun 2017 berdasarkan Akta No. 06 tanggal 14 Februari 2017. Pada tanggal 26 Maret 2019, Otoritas Jasa Keuangan (“OJK”) menetapkan TSI sebagai Penyelenggara Inovasi Keuangan Digital (IKD) untuk cluster Innovative Credit Scoring (“ICS”) yang tercatat di OJK untuk melalui proses regulatory sandbox dengan mengacu pada Surat Tanda Bukti Tercatat No. S88/MS.72/2019. TSI lulus proses regulatory sandbox dan dinyatakan direkomendasikan oleh OJK untuk melakukan pendaftaran pada tanggal 28 Desember 2023 berdasarkan Surat S-29/D.07/2. Selanjutnya, pada tanggal 31 Juli 2024, OJK menetapkan TSI sebagai Penyelenggara Inovasi Teknologi Sektor Keuangan (ITSK) dari klaster ICS yang pertama kali terdaftar di OJK berdasarkan Surat Tanda Bukti Terdaftar No. S-399/IK.01/2024.
Dalam memberikan layanannya, TSI memanfaatkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dan
teknologi pembelajaran mesin (Deep Machine Learning) untuk menyediakan wawasan kredit pelanggan dengan data alternatif seperti data yang diperoleh dari perusahaan telekomunikasi. Saat ini, TSI telah bermitra secara langsung dengan perusahaan-perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia sehingga TSI dapat memberikan wawasan kredit melalui produk yang disebut dengan telco score untuk 328 juta pelanggan telepon seluler yang mencakup hampir 95% penduduk Indonesia.
Produk telco score TSI ini dapat membantu lembaga jasa keuangan mengotomasi analisa kredit nasabah dengan menggunakan big data dari perusahaan telekomunikasi dan telah digunakan oleh berbagai lembaga jasa keuangan, termasuk bank, perusahaan pembiayaan (multifinance), dan Fintech Lending sejak tahun 2018.
Bermodalkan teknologi canggih dan kemitraan strategis dengan berbagai pihak, TSI terus berkomitmen untuk mendukung inklusi keuangan dan menyediakan solusi penilaian kredit yang inovatif dan akurat di Indonesia. Komitmen TSI juga diwujudkan dalam bentuk peran aktif di berbagai kegiatan asosiasi dimana TSI telah menjadi anggotanya seperti Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH), Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) serta Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI).
PT Trusting Social Indonesia (“TSI”) adalah bagian dari Trusting Social Group yang berkantor pusat di Singapura dan memiliki pusat pengembangan di Ho Chi Minh, Vietnam. Selain di Indonesia, Trusting Social Group juga beroperasi di beberapa negara lain seperti Vietnam, India, dan Filipina.
TSI didirikan pada tahun 2017 berdasarkan Akta No. 06 tanggal 14 Februari 2017. Pada tanggal 26 Maret 2019, Otoritas Jasa Keuangan (“OJK”) menetapkan TSI sebagai Penyelenggara Inovasi Keuangan Digital (IKD) untuk cluster Innovative Credit Scoring (“ICS”) yang tercatat di OJK untuk melalui proses regulatory sandbox dengan mengacu pada Surat Tanda Bukti Tercatat No. S88/MS.72/2019. TSI lulus proses regulatory sandbox dan dinyatakan direkomendasikan oleh OJK untuk melakukan pendaftaran pada tanggal 28 Desember 2023 berdasarkan Surat S-29/D.07/2. Selanjutnya, pada tanggal 31 Juli 2024, OJK menetapkan TSI sebagai Penyelenggara Inovasi Teknologi Sektor Keuangan (ITSK) dari klaster ICS yang pertama kali terdaftar di OJK berdasarkan Surat Tanda Bukti Terdaftar No. S-399/IK.01/2024.
Dalam memberikan layanannya, TSI memanfaatkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dan
teknologi pembelajaran mesin (Deep Machine Learning) untuk menyediakan wawasan kredit pelanggan dengan data alternatif seperti data yang diperoleh dari perusahaan telekomunikasi. Saat ini, TSI telah bermitra secara langsung dengan perusahaan-perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia sehingga TSI dapat memberikan wawasan kredit melalui produk yang disebut dengan telco score untuk 328 juta pelanggan telepon seluler yang mencakup hampir 95% penduduk Indonesia.
Produk telco score TSI ini dapat membantu lembaga jasa keuangan mengotomasi analisa kredit nasabah dengan menggunakan big data dari perusahaan telekomunikasi dan telah digunakan oleh berbagai lembaga jasa keuangan, termasuk bank, perusahaan pembiayaan (multifinance), dan Fintech Lending sejak tahun 2018.
Bermodalkan teknologi canggih dan kemitraan strategis dengan berbagai pihak, TSI terus berkomitmen untuk mendukung inklusi keuangan dan menyediakan solusi penilaian kredit yang inovatif dan akurat di Indonesia. Komitmen TSI juga diwujudkan dalam bentuk peran aktif di berbagai kegiatan asosiasi dimana TSI telah menjadi anggotanya seperti Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH), Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) serta Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI).
PT. Trusting Social Indonesia Treasury Tower, 51st Floor District 8, Lot 28 Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-54, Jakarta 12190